Pages

LIKE this Blog?? It's Up to You... MardhatilLah is Everything...=]

Monday, October 18, 2010

NUR MUHAMMAD: Hadis-Hadis Palsu & Lemah Berkaitan Dengannya


Dalam acara sambutan maulid nabi ataupun yang berkaitannya, banyak penceramah yang menyebut tentang sejarah kelahiran Rasulullah. Dan mereka banyak menyebut hadits-hadits yang  lemah mahupun palsu. Maka, disebutkan di sini sebahagiannya yang berhubung kait dengan nur Muhammad, iaitu:




-PERTAMA-

أول ما خلق الله نور نبيك يا جابر

“Yang pertama kali diciptakan oleh Alloh adalah Nur (cahaya) nabimu wahai Jabir.”


Hadits ini TIDAK ADA ASAL-USULNYA.


Imam As Suyuthi pernah ditanya tentang hadits ini, maka beliau menjawab: “Hadits ini tidak ada sanadnya yang shohih.”


Syaikh Al Albani dalam Ash Shohihah no: 458 setelah menyebutkan keshohihan hadits [hadis sahih yang hampir serupa matan(teks)nya dengan hadis ini] iaitu:

خلقت الملائكة من نور و خلق إبليس من نار السموم و خلق آدم عليه السلام مما قد وصف لكم

“Para malaikat diciptakan dari cahaya, iblis di ciptakan dari api dan Adam tercipta dari apa yang disifatkan untuk kalian.” (HR. Muslim: 2996)


Beliau berkata: “Dalam hadits ini terdapat isyarat atas kebatilan sebuah hadits yang masyhur dalam kalangan manusia iaitu:

“Yang pertama kali diciptakan oleh Alloh adalah nur nabimu wahai Jabir.”

Dan hadits-hadits semisalnya yang menyatakan bahawa Rasululloh tercipta dari cahaya. Sesungguhnya hadits ini adalah sebuah dalil yang sangat jelas bahwa hanya para malaikat saja yang tercipta dari cahaya, bukan Adam dan bukan pula anak keturunannnya. Perhatikanlah hal ini dan janganlah kamu menjadi orang yang lalai.”


Dan hadits ini pun bertentangan dengan sabda Rasulullah:

إن أول شيء خلقه الله تعالى القلم و أمره أن يكتب كل شيء يكون

“Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah pena (al-Qalam), dan Allah memerintahkannya untuk menulis segala sesuatu yang akan terjadi.” (HR. Abu Ya’la 1/126, Baihaqi dalam Asma’ was Shifat hlm : 271, Lihat Ash Shohihah : 133)




-KEDUA-

 كنت نبيا و آدم بين الماء و الطين

“Saya adalah seorang nabi padahal saat itu Adam masih antara air dan tanah.”


Hadits ini pun PALSU. Disebutkan kepalsuannya oleh As-Suyuthi dalam Dzail al-Ahadits al-Maudlu’at hal: 203.


Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah: “Tidak ada asal usulnya, baik secara naqli maupun akal, tidak ada seorangpun dari kalangan ahli hadits yang menyebutnya, maknanya juga bathil, karena Nabi Adam tidak pernah antara air dan tanah, namun yang benar bahwa Adam antara ruh dan jasad.”


Berkata Syaikh Al-Albani: “Yang dimaksud oleh Syaikhul Islam dengan perkataan beliau: “antara ruh dan jasad” adalah bahwasanya itulah yang shohih, sebagaimana (disebut) di dalam sebuah hadits (yang lain):

كنت نبيا و آدم بين الروح و الجسد

“Saya adalah seorang nabi sedangkaan saat itu Adam antara roh dan jasad.”
(Lihat Ash Shohihah : 1856)


Berkata Syaikh Al-Albani: “Hanya saja hadits ini sama sekali tidak menunjukkan bahawa beliau adalah makhluk yang diciptakan pertama kali, sebagaimana yang disangka oleh sebagian kalangan (umat Islam).” (Lihat Adl Dlo’ifah 2/115)




-KETIGA-

كنت أول النبيين في الخلق ، و آخرهم في البعث

“Saya adalah nabi yang pertama kali diciptakan, namun yang paling akhir diutus.”


Hadits ini LEMAH (DHA'IF).


Diriwayatkan oleh dalam fawaid 8/126, Abu Nu’aim dalam Dala’il hlm : 6 dan lainnya dari jalan Sa’id bin Basyir berkata: “Qotadah telah menceritakan kepda kami dari Hasan dari Abiu Hurairah secara marfu’.”


Sisi kelemahannya ada dua :

  • Hasan Al Bashri meriwayatkan secara an’anah, padahal beliau adalah seorang mudallis.
  • Sa’id bin Basyir seorang yang lemah, sebagaimana yang dikatakan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Taqrib beliau. (Lihat Adl Dlo’ifah Syaikh Al Albani no : 661)




-KEEMPAT-

سأل علي بن أبي طالب رضي الله عنه رسول الله صلى الله عليه وسلم قائلا: “سل لنا ربك مم خلقك، فسأل الله ربه قائلا: “رب مم خلقتني؟” فقال الله تبارك وتعالى: “خلقتك من نور وجهي، وإني قسمت نور وجهي إلى ثلاثة أقسام: قسم خلقتك منه، وقسم خلقت منه أزواجك، وقسم خلقت منه من يحبك من أمتك

Ali bin Abi Tholib bertanya kepada Rasulullah: “Tanyakan kepada Robb mu dari apa Dia menciptakan engkau? Maka Rasulullah pun bertanya kepada Allah: “Ya Allah, dari apa Engkau menciptakan aku? Allah berfirman: “Aku ciptakan engkau dari nur wajah-Ku, sesungguhnya Aku membahagikan nur wajah-Ku menjadi tiga bahagian, satu bagian Aku ciptakan engkau, satu bagian lainnya Aku ciptakan istri-istrimu, dan satunya lagi Aku ciptakan umatmu yang mencintaimu.”


Lajnah Daimah pernah ditanya tentang hadits ini, maka mereka menjawab : “Hadits ini dusta atas nama Rasulullah, TIDAK ADA ASAL-USULNYA dalam kitab-kitab hadits yang mu’tabar.” (Lihat Fatwa lajnah daimah 4/370 no : 1754)


WalLahu a’lam




p/s: Tidak ditemui sebarang hadis berkisar Nur Muhammad di dalam Kitab Sahih Bukhari dan Muslim.

No comments:

Post a Comment

Share your Blog with Others... =]